Rabu, 12 Mei 2010

PERUBAHAN FISIK IBU HAMIL TRIMESTER I, II, DAN III

PERUBAHAN FISIK PADA IBU HAMIL TRIMESTER I, II, III.

A. TRIMESTER I

1.Oksigen

Kebutuhan ogsigen ibu hamilpada trimester I sama dengan kebutuhan ibu sebelum hamil. Pergantian udara yang baik didalam rumah sangat membantu ibu hamil dalam memperoleh udara yang segar

2.Nutrisi

Makanan yang baik hanya memberi gizi yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh tapi juga membantu melindungi tubuh dari bahaya toksin dan polusi. Hal ini dapat mencapai bila mengikuti pola makan dari 4 kelompok makanan setiap harinya. 4 kelompok makanan yang memenuhi kebutuhan energi, protein, vitamin, lemak, dan mineral :

a.Danging dan alternatifnya, yaitu berbagai jenis danging unggas dan ikan, telur dan kacang-kacangan.

b.Buah dan sayuran terutama buah dan sayuran segar, jus buah atau buah dan sayuran kering seperti kismis dan kurma.

c.Roti dan sereal, pilih yang tidak banyak diolah seperti roti, bubur dan gandum.

d.Susu dan hasil olahan susu termasuk yogur dan keju


3.Personal Hygieni

Mandi yang disarankan adalah 2x sahari. Mandi berendam juga aman dan dapat membuat tubuh rileks, dan dalam perawatan gizi selama hamil tidak berbeda dari saat-saat sebelum hamil sejumlah wanita mengalami pembengkakan gusi dan akan menghilang setelah bayi lahir

4.Pakaian

Pada waktu hamil suhu tubuh akan meningkat dan mengeluarkan banyak keringat, oleh karena itu pakaian dari bahan-bahan alami seperti katun lebih nyaman dipakai dari pada bahan-bahan sintetik. Pakaian dalam juga sebaiknya dipilih dan dapat menyerap keringat yang dapat mencegah infeksi vagina. Bra yang baik adalah bra yang dapat menahan payudara tanpa menekan puting dan talinya harus cukup lebar.

5.Eliminasi

Konstifasi merupakan hal yang umum selama kehamilan karena pembesaran eterus sering berkemih juga merupakan hal umumyang terjadi selama bulan pertama dan terakhir masa kehamilan karena kandungan kemih tertekan oleh uterus yang membesar.

6.Seksual

Pada trimester I hasrat seksual ibu hamil biasanya menurun, hal ini umum terjadi pada wanita yang kecapean atau pusing dan mual-mual hubungan seksual dapat dilakukan selamat tidak ada riwayat aborsi.

7.Mobilisasi

Pada trimester I ibu dapat melakukan aktifitas-aktifitas didalam rumah tetapi jangan terlalu membebani, beristirahatlah jika merasa lelah dan mual.

8.Exercise / Senam Hamil

Pada trimester I senam hamil belum dianjurkan tetapi seorang ibu hamil tetap bekerja selama kehamilan, sehingga sangat penting pada awal kehamilannya diberikan selama hamil sehingga sangat penting pada awal kehamilanya diberikan keterangan tentang pernafasan dasar serta sikap sewaktu bekerja sewaktu senggang.

9.Istirahat / tidur

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan selama hamil, membutuhkan istirahat dan tidur. Waktu harus lebih lama dari keadaan biasa, ibu hamil membutuhkan waktu 10 – 11 jam untuk istirahat

B. TRIMESTER II

1.Oksigen

Kebutuhan O2 selama kehamilan mengingat meningkat oleh kerena itu perlu memberi zat besi. Ibu hamil dapat memenuhikebutuhan zat besinya yang meningkat selama kehamilan dengan meminum tablet tambah darah. Berikan ibu paling sedikit 90 tablet tambah darah diminum 1 tablet setiap hari selama kehamilan dengan memberi zat besi transfort O2 akan lebih baik.

2.Nutrisi

Kebutuhan nutrisi ibu hamil trimester II diperlukan untuk penembahan darah, pertumbuhan uterus, pertumbuhan jaringan mamae dan penumbuhan lemak, biasanya pada trimester II nafsu makan ibu mulai membaik.

3.Personal Hygiene
Menjaga kebersihan diri terutama lipatan kulit pada ketiak bawah, buah dada, daerah ginitalia dengan cara dibersikan dan dikeringkan.


4.pakaian

Pakaian harus longgar, bersih dan tidak ada ikatan yang ketat pada daerah perut dan pemakaian bra harus yang dapat menyokong payudara.

5.Eliminasi

Pada ibu hamil sering mengalami buang air kecil. Ini disebabkan karena adanya tekanan uterus pada kandung kemih. Anjurkan pada ibu hamil, minum jangan dikurangi karena ini adalah yang biasa.

6.Seksual

Pada trimester II biasanya hasrat seksual akan kembali normal. Hubungan seksual dapat berakibat menguntungkan, karena pada saat seorang ibu hamil mencapai klimak skontraksi uterus akan memberikan tambahan darah dari pembuluh darah kepada jamin.

7.Mobilisasi / Body Mekanik

Ibu hamil dapat terus melakukan aktivitas sehari-hari asalkan tidak terlalu memberatkan.

8.Senam Hamil

Melakukan senam hamil, dapat dimulai pada usia kehamilan 26 minggu. Anjuran senam hamil dengan kondisi normal atau dengan kata lain tidak terdapat kaadaan-kaadaan yang mengandung resiko baik bagi ibu maupun janin.

9.Istirahat / Tidur

Ibu hamil dianjurkan agar sering istirahat. Tidur siang menguntungkan bagi ibu hamil dan baik untuk kesehatan. Tempat yang ramai atau padat baaik dihindarkan dapat karena dapat membuat ibu sesak dan gerah.

C. TRIMESTER III

1.Oksigen

Berjalan-jalan baik dilakukukan diwaktubpagi karena mengalami pertukaran udara yang sangat baik sambil menggerangan otot-otot pada bagian tubuh yang dapat memperoleh sinar matahari pagi.

2.Nutrisi

Kebutuhan gizi / nutrisi untuk ibu hamil perlu ditingkatkan baik jumlah dan mutunya dan sebab:

a.diperlukan untuk 2 orang, yaitu diri sendiri dan bayi yang dikandung
b.persiapan untuk persalinan
c.persiapan untuk pembentukan asi
tambahan energi yang dibutuhkan ibu hamil setiap hari kira-kira 10-15% dari energi normal dan dapat diatasi dengan minum 2 gelas susu setiap hari, selama hamil dan perlu memberi banyak makanan seperti:

1.protein

berguna untuk memenuhi kebutuhan asam amino untuk perkembangan janin penambahan volume darah dan asi

2.zat besi

berguna untuk pembentukan sel darah merah dan untuk pertumbuhan bayi, kekurangan zat besi akan akan mengakibatkan kurang darah (anemia)

3.kalsium

berguna untuk pertumbuhan tulang dan gizi bayi, serta untuk pembekuan darah dan memperbaiki fungsi otot-otot dan syaraf.

4.Asam folat

Berguna untuk pembentukan sel-sel darah merah yang penting untuk ibu hamil dan bayinya.

5.Vitamin C

Berguna untuk meningkatkan untuk penyerapan zat besi banyak terdapat pada buah-buahan segar dan sayur sayuran.

5.Personal Hygiene

Menjaga kebersihan diri sangatlah penting bagi ibu hamil pada trimester I dan II, dan III adalah sama. Mandi, perawatan gigi, juga kebersihan pada lipataan-lipatan harus dibersihkan dan dikeringkan.

4. Pakaian

Pakaian yang dianjurkan sam seperti trimester I dan II. Pakaian yang dipakai oleh ibu hamil yang nyaman yaitu yang longgar dan dapat menyerap keringat. Begitu juga dengan pakaian dalamnya harus yang dapat menyongga payudara dan juga jangan dianjurkan ibu hamil untuk tidak memekai tali pinggang yang ketat. Sepatu sebaiknya jangan yang yang berhaak tinggi.

5.Eliminasi

Pada trimester III ibu hamil sering mengalami buang air kecil ini disebabkan karena tekan an uterus pada kendung kemih. Ibu hamil yang sering mengalami obstipasi yang dipengaruhi oleh hormon progesteron yang meningkat. Anjuran terhadap ibu hamil, minum jangan dikurangi karena haal tersebut aadalah wajar dan dianjurkan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan agar dapat melaancarkan buang air besar.

6.Seksual

Kehamilan bukan merupakaan halangan untuk melakukan hubungan seksual. Hubungan seksual dapat dihentikan apabila terdapat :
-Tanda-tanda infeksi dengan mengeluarkan cairan disertai rasa nyeri atau pendarahan
-Terjadi pendarahan saat hubungan seksual.
-Terdapat cairan yang keluar dari vagina secara mendadak

7.Mobilisasi / Body Mekanik

Pada ibu hamil dianjurkan untuk melakukan gerakan-gerakan yang mudah dan tidak terlalu berat seperti :
-Senam ibu hamil
-Melakukan perjalanan pada pagi
-Melakukan aktifitas didalam rumah tetapi jangan membenamkan ibu hamil.
Gerakan-gerakan tersebut dilakukan bertujuan untuk membantu memudahkan dalam proses persalinan.

8.Senam Hamil
Tujuan senam hamil ini adalah :
-Agar ibu hamil dapat menyesuaikan tubuh agar lebih baik dalam menyangga beben kehamilan
-Memperkuat otot-otot untuk memopong tekanan tambahan
-Membangun daya tahan tubuh
-Memperbaiki sirkulasi dan respirasi
-Meredakan ketegangan
-Membentuk kebiasaan bernafas yang baik
-Memperoleh sikap mental yang baik

9. Istirahat / Tidur
Istirahat / tidur pada ibu hamil sama dengan pada trimester I dan II.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar